Di dalam Lab, kami juga mempelajari sekilas tentang program exception:
Exception merupakan suatu kejadian yang tidak biasa atau event abnormal yang muncul ketika sedang menjalankan program. Exception merupakan runtime error. Ketika Exception muncul, maka akan melempar sebuah obyek Exception, jika obyek yang dilempar ini tidak ditangani atau ditangkap maka akan mengakibatkan program determinasi (berhenti), hal ini dapat menyebabkan program menjadi tidak handal. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan sesuatu untuk menangani Exception.
Error dan Exception Classes
Seluruh exceptions adalah subclasses, baik secara langsung maupun tidak langsung,
dari sebuah root class Throwable. Kemudian, dalam class ini terdapat dua kategori
umum : Error class dan Exception class.
Exception class menunjukkan kondisi yang dapat diterima oleh user program.
Umumnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa kesalahan pada kode program.
Contoh dari exceptions adalah pembagian oleh 0 dan error di luar jangkauan array.
Error class digunakan oleh Java run-time untuk menangani error yang muncul pada
saat dijalankan. Secara umum hal ini di luar control user karena kemunculannya
disebabkan oleh run-time environment. Sebagai contoh adalah out of memory dan
harddisk crash.
dari sebuah root class Throwable. Kemudian, dalam class ini terdapat dua kategori
umum : Error class dan Exception class.
Exception class menunjukkan kondisi yang dapat diterima oleh user program.
Umumnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa kesalahan pada kode program.
Contoh dari exceptions adalah pembagian oleh 0 dan error di luar jangkauan array.
Error class digunakan oleh Java run-time untuk menangani error yang muncul pada
saat dijalankan. Secara umum hal ini di luar control user karena kemunculannya
disebabkan oleh run-time environment. Sebagai contoh adalah out of memory dan
harddisk crash.
Ada 5 keyword penting dalam java dalam hal exception handling :
1. try, Keyword ini biasanya digunakan dalam suatu block program. keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. Keyword ini juga harus dipasangkan dengan keyword catch atau keyword finally yang akan dibahas pada point kedua dan ketiga.
2. catch, Jika anda sudah melihat contoh try maka secara tidak langsung anda sudah memahami kegunaan dari keyword ini. Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword ini adalah menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah menangkap kesalahan yang terjadi maka developer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan developer.
3. finally, Keyword ini merupakan keyword yang menunjukan bahwa blockprogram tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.
4. throw, Keyword ini digunakan untuk melemparkan suatu bug yang dibuat secara manual.
5. throws, Keyword throws digunakan dalam suatu method atau kelas yang mungkin menghasilkan suatu kesalahan sehingga perlu ditangkap errornya
contoh saat pembelajaran di lab
package pertemuan3a;
/** * Created by Acer on 08/05/2017. */public class ProgramException {
public static void main (String[] args ){
String a[] = new String[10]; try{
System.out.println(a[-1]); }
catch(ArrayIndexOutOfBoundsException e){
System.out.println("Anda mengakses array pada indeks yang salah"); }
catch(Exception e){
System.out.println("Aku gak tau apa salahku selama ini"); }
}
}
BetMGM Casino New Jersey - JM Hub
BalasHapusBETMGM Casino 여주 출장안마 New Jersey is proud to launch BetMGM 경상북도 출장샵 Sportsbook in New Jersey and is 남양주 출장마사지 launching a BetMGM 안성 출장마사지 Sportsbook 세종특별자치 출장샵 in New Jersey later this