Langsung ke konten utama

GUI

Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

Di pertemuan ini kami diajarkan oleh asisten laboratorium kami untuk membuat tampilan gui sederhana,hasilnya ada beberapa
Untuk mendapatkan hasil seperti gambar disamping hasil codenya adalah:
package pertemuan3a;

/**
 * Created by Acer on 08/05/2017.
 */
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;

public class HidupBaru extends JFrame {
    /* GUI = Graphical User Interface
        Swing = JFrame(tampilan window), bisa mengatur properti di window, seperti mengubah ukuran
        JPanel = Ssebuah kotak untuk menampung barang= tombol dkk (mengisi semua tulisan, tombol dll)
        di dalam jframe ada jpanel
        beda jframe dan jpanel
     */
    public HidupBaru(){
        JPanel panel = (JPanel) this.getContentPane();
        // panel.setLayout(new GridLayout(2,0));
        BorderLayout borderLayout = new BorderLayout();
        panel.setLayout(borderLayout);

        JLabel tulisan = new JLabel("Teknologi, " + " Informasi.");
        JLabel tulisan2 = new JLabel("2015, Kom" + " A.");
        JButton tombol =  new JButton("Klik Saya");
        tombol.addActionListener(new ActionListener() {
            @Override
            public void actionPerformed(ActionEvent e) {
                JOptionPane.showMessageDialog(HidupBaru.this,"SEMAN" +
                        "GAT","FIGHTING!!",JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                            if(JOptionPane.showConfirmDialog(HidupBaru.this,
                                    "Apakah" +
                                            " kamu Kom A?","Request",
                                                  JOptionPane.YES_NO_OPTION)==JOptionPane.YES_OPTION)
                                         {
                                             String message = JOptionPane.showInputDialog
                                                     (HidupBaru.this,
                                                     "GLUCK","Respon Anda");
                                             System.out.println(message);
                                         }

                                     }
                                 }
        );
        panel.add(tulisan, BorderLayout.NORTH);
        panel.add(tombol, BorderLayout.CENTER);
        panel.add(tulisan2, BorderLayout.SOUTH);

        // panel.add(tulisan);
        // panel.add(tulisan2);

        this.pack();
        this.setMinimumSize(this.getPreferredSize());
        this.setVisible(true);
        // menentukan dua frame yang muncul bersamaan
        // null relatif ke tengah2 tergantung pd laptop
        this.setLocationRelativeTo(null);
        // Keluar dari aplikasi jika aplikasi ditutup
        this.setDefaultCloseOperation((WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE));
        // memberi judul aplikasi
        this.setTitle("Hidup Baru");
    }
    public static void main (String args[]){
        HidupBaru hidupbaru = new HidupBaru();

    }

}

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Thread dalam Java

Apa itu Kelas  Thread Java Salah satu fitur yang tertanam pada  environment Java  yaitu dukungan untuk menggunakan  thread .  Thread  memungkinkan sebuah aplikasi  Java untuk melakukan banyak aktifitas/operasi secara simultan (serentak). Dengan menggunakannya secara benar,  thread  memungkinkan  User Interface  sebuah aplikasi tetap responsif saat aplikasi tersebut melakukan operasi yang memakan waktu lama seperti komunikasi  networking  atau perhitungan-perhitungan yang kompleks.  Thread  adalah unit fundamental dari eksekusi program. Setiap aplikasi minimal memiliki sebuah  thread  untuk menjalankan kode. Aplikasi yang memiliki dua  thread  atau lebih, biasa disebut dengan  multithreaded application .  Fungsi seperti ini sering kita butuhkan dalam membuat program aplikasi/game nantinya. Misalnya, sebuah  thread  yang bertugas menjalankan operasi penghitungan nilai/...

Program Exception Pada Java

Di dalam Lab, kami juga mempelajari sekilas tentang program exception: Exception  merupakan suatu kejadian yang tidak biasa atau event abnormal yang muncul ketika sedang menjalankan program. Exception merupakan runtime error. Ketika Exception muncul, maka akan melempar  sebuah obyek Exception, jika obyek yang dilempar ini tidak ditangani atau ditangkap maka akan mengakibatkan program determinasi (berhenti), hal ini dapat menyebabkan program menjadi tidak handal. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan sesuatu untuk menangani Exception. Error dan Exception Classes Seluruh exceptions adalah subclasses, baik secara langsung maupun tidak langsung, dari sebuah root class Throwable. Kemudian, dalam class ini terdapat dua kategori umum : Error class dan Exception class. Exception class menunjukkan kondisi yang dapat diterima oleh user program. Umumnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa kesalahan pada kode program. Contoh dari exceptions adalah pembagian oleh 0 dan error di luar ...

Java Collection

C ollection adalah sekumpulan interface dan class yang sangat berguna dalam pengolahan variable / objek di Java.  Suatu objek collection Java dapat menyimpan beberapa elemen objek dalam suatu kesatuan group.  Dengan pengelompokan dalam group tersebut kita mendapatkan manfaat berikut : menyimpan elemen dengan urutan tertentu,  mengambil kembali elemen tersebut dengan index atau dengan berbagai metode yang spesifik,  memanipulasi data terutama agregasi dari elemen-elemen yang ada seperti penjumlahan,  dan berbagai transformasi bermanfaat lainnya. Beberapa Pengertian: 1.  Map dan List Map dan List merupakan sebuah interface yang digunakan untuk menerapkan Collection. Map dan List yang dibuat dapat memiliki cara implementasi yang berbeda, misalnya dengan menggunakan Array, menggunakan key hash. Apa perbedaan map dan list? Map dapat memiliki Key custom (Object, String, Integer, dll) sedangkan List hanya berupa sebuah daftar 2. ...