Langsung ke konten utama

GUI

Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

Di pertemuan ini kami diajarkan oleh asisten laboratorium kami untuk membuat tampilan gui sederhana,hasilnya ada beberapa
Untuk mendapatkan hasil seperti gambar disamping hasil codenya adalah:
package pertemuan3a;

/**
 * Created by Acer on 08/05/2017.
 */
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;

public class HidupBaru extends JFrame {
    /* GUI = Graphical User Interface
        Swing = JFrame(tampilan window), bisa mengatur properti di window, seperti mengubah ukuran
        JPanel = Ssebuah kotak untuk menampung barang= tombol dkk (mengisi semua tulisan, tombol dll)
        di dalam jframe ada jpanel
        beda jframe dan jpanel
     */
    public HidupBaru(){
        JPanel panel = (JPanel) this.getContentPane();
        // panel.setLayout(new GridLayout(2,0));
        BorderLayout borderLayout = new BorderLayout();
        panel.setLayout(borderLayout);

        JLabel tulisan = new JLabel("Teknologi, " + " Informasi.");
        JLabel tulisan2 = new JLabel("2015, Kom" + " A.");
        JButton tombol =  new JButton("Klik Saya");
        tombol.addActionListener(new ActionListener() {
            @Override
            public void actionPerformed(ActionEvent e) {
                JOptionPane.showMessageDialog(HidupBaru.this,"SEMAN" +
                        "GAT","FIGHTING!!",JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
                            if(JOptionPane.showConfirmDialog(HidupBaru.this,
                                    "Apakah" +
                                            " kamu Kom A?","Request",
                                                  JOptionPane.YES_NO_OPTION)==JOptionPane.YES_OPTION)
                                         {
                                             String message = JOptionPane.showInputDialog
                                                     (HidupBaru.this,
                                                     "GLUCK","Respon Anda");
                                             System.out.println(message);
                                         }

                                     }
                                 }
        );
        panel.add(tulisan, BorderLayout.NORTH);
        panel.add(tombol, BorderLayout.CENTER);
        panel.add(tulisan2, BorderLayout.SOUTH);

        // panel.add(tulisan);
        // panel.add(tulisan2);

        this.pack();
        this.setMinimumSize(this.getPreferredSize());
        this.setVisible(true);
        // menentukan dua frame yang muncul bersamaan
        // null relatif ke tengah2 tergantung pd laptop
        this.setLocationRelativeTo(null);
        // Keluar dari aplikasi jika aplikasi ditutup
        this.setDefaultCloseOperation((WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE));
        // memberi judul aplikasi
        this.setTitle("Hidup Baru");
    }
    public static void main (String args[]){
        HidupBaru hidupbaru = new HidupBaru();

    }

}

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Exception Pada Java

Di dalam Lab, kami juga mempelajari sekilas tentang program exception: Exception  merupakan suatu kejadian yang tidak biasa atau event abnormal yang muncul ketika sedang menjalankan program. Exception merupakan runtime error. Ketika Exception muncul, maka akan melempar  sebuah obyek Exception, jika obyek yang dilempar ini tidak ditangani atau ditangkap maka akan mengakibatkan program determinasi (berhenti), hal ini dapat menyebabkan program menjadi tidak handal. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan sesuatu untuk menangani Exception. Error dan Exception Classes Seluruh exceptions adalah subclasses, baik secara langsung maupun tidak langsung, dari sebuah root class Throwable. Kemudian, dalam class ini terdapat dua kategori umum : Error class dan Exception class. Exception class menunjukkan kondisi yang dapat diterima oleh user program. Umumnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa kesalahan pada kode program. Contoh dari exceptions adalah pembagian oleh 0 dan error di luar ...

Thread dalam Java

Apa itu Kelas  Thread Java Salah satu fitur yang tertanam pada  environment Java  yaitu dukungan untuk menggunakan  thread .  Thread  memungkinkan sebuah aplikasi  Java untuk melakukan banyak aktifitas/operasi secara simultan (serentak). Dengan menggunakannya secara benar,  thread  memungkinkan  User Interface  sebuah aplikasi tetap responsif saat aplikasi tersebut melakukan operasi yang memakan waktu lama seperti komunikasi  networking  atau perhitungan-perhitungan yang kompleks.  Thread  adalah unit fundamental dari eksekusi program. Setiap aplikasi minimal memiliki sebuah  thread  untuk menjalankan kode. Aplikasi yang memiliki dua  thread  atau lebih, biasa disebut dengan  multithreaded application .  Fungsi seperti ini sering kita butuhkan dalam membuat program aplikasi/game nantinya. Misalnya, sebuah  thread  yang bertugas menjalankan operasi penghitungan nilai/...

Inheritence (Pewarisan Sifat) Pada Java

Pada pertemuan II kami belajar mengenai inheritence di dalam pemrograman Java. Java inheritance (warisan) adalah suatu hubungan antara superclass dan subclass-nya (atau bisa dikatakan hubungan antara induk class dan anak class-nya). Inheritance class (class warisan) didalam mekanisme java digunakan untuk membangun kelas baru dari kelas yang sudah ada. Jadi inti dari inheritance (pewarisan) pada java ini yaitu sebuah kelas mewarisi attribute dan method dari kelas lain. Sebagai contoh, kelas induk dapat menurunkan sifat (attribute) dan kemampuannya (method) kepada kelas anak. Sehingga kelas induk sebagai  superclass  yang mewariskan sifat (attribute) dan kemampuannya (method) kepada anak sebagai  subclass -nya.  Contoh :  Ada sebuah class Mainan dan ada class Mobil-mobilan .Class mobil-mobilan turunan dari class Mainan gambar 1.class Mainan gambar 2.class Mobil-mobilan